DPD HIMNI Aceh Resmi Dibentuk

Foto: DPD HIMNI Aceh
Foto: DPD HIMNI Aceh

Aceh | Pro Berita

Sejak didirikan pada 28 Januari 2000, Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) memiliki keinginan untuk membentuk kepengurusan di setiap provinsi. Beberapa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HIMNI kemudian dibentuk. Terbaru adalah DPD HIMNI Provinsi Aceh yang secara resmi ditetapkan sebagai DPD HIMNI ke-16, setelah para pengurusnya dilantik pada Sabtu, (5/11/2016).

Bersamaan dengan diresmikannya DPD HIMNI Provinsi Aceh, diresmikan pula pembentukan 6 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HIMNI di provinsi tersebut, antara lain DPC Kota Banda Aceh, DPC Kota Subussalam, DPC Kabupaten Simeulue, dan DPC Aceh Singkil.

Pelantikan Pengurus DPD dan DPC HIMNI Provinsi Aceh ini dilaksanakan di Gedung Sultan Selim II, Jalan STA Mahmudsyah, Banda Aceh, dan dihadiri oleh Kesbangpol Provinsi Aceh (mewakili Gubernur Provinsi Aceh), Pemerintah Kota Banda Aceh, Anggota DPRD Simeuleu Rosnidar Zebua, dan tokoh-tokoh masyarakat Aceh lainnya. Selain itu hadir pula Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, Sekjend HIMNI Otoli Zebua, Ketua LSBP Penyabar Nakhe dan Ketua DPD HIMNI Sumut Turunan Gulo.

“Menariknya dalam pelantikan DPD dan DPC HIMNI kali ini, panitia menampilkan atraksi budaya Nias, di antaranya tari perang, lompat batu dan maena. Saat pembukaan, seorang gadis asal Nias juga membacakan ayat-ayat suci Al-Quran,” kata Sekjen DPP HIMNI, Otoli Zebua, melalui selular, Senin (7/11/2016).

Otoli Zebua mengisahkan, Gubernur Provinsi Aceh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kesbangpol mengatakan, kehadiran HIMNI di Provinsi Aceh diterima dengan tangan terbuka. “Bahkan beliau menyampaikan bahwa ada hubungan emosional antara masyarakat Aceh dengan masyarakat Nias, sebab banyak warga Aceh yang pergi merantau ke Pulau Nias, khususnya ke Kota Gunungsitoli,” katanya.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Otoli Zebua, jumlah masyarakat Nias di Provinsi Aceh sekitar 37.000 jiwa dan tersebar di 23 kabupaten/kota. “Di antaranya di Aceh Singkil 10.000 orang, Aceh Tengah 7.000 orang, dan Simeleu 3.000 orang,” katanya.

Menurut Otoli Zebua, Ketua Umum HIMNI Marinus Gea, dalam sambutannya mengajak semua Pengurus HIMNI dan masyarakat Nias untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Aceh, sekaligus memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Aceh. “Pak Ketum juga menitipkan  Pengurus HIMNI dan masyarakat Nias kepada pemerintah agar diterima sebagai bagian dari masyarakat Aceh,” katanya. (FN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *