Ini Kota Pertama RI yang Hampir Seluruh Warganya Nikmati Gas Bumi

Prabumulih -Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penambahan 89.000 sambungan baru jaringan gas (Jargas) ke rumah tangga. Sambungan gas bumi tersebut akan direalisasikan di 5 kota, yakni Surabaya, Prabumulih, Tarakan, Batam, dan Balikpapan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja, mengungkapkan Prabumulih dipilih jadi kota dengan sambungan Jargas terbanyak, sekaligus jadi kota pertama yang hampir seluruh warganya menggunakan gas bumi.

“Prabumulih akan menjadi kota pertama yang full city gas. Kemudian sama Tarakan setelah Prabumulih. Dua kota ini yang full city gas yang pertama,” katanya ditemui di lokasi groundbreaking Jargas Kota Prabumulih, Sumatra Selatan, Senin (21/3/2016).

Wiratmaja mengungkapkan, saat ini sudah ada 8.000 sambungan rumah tangga di Prabumulih yang telah dipasang sejak 2014. Jumlah jargas akan bertambah sebanyak 34.626 sambungan dengan rincian 32.000 sambungan berasal APBN tahun anggaran 2016 dan 2.626 sambungan merupakan pengembangan investasi Pertamina.

“Jadi kalau sekarang ditambah 32.250 sambungan baru, maka artinya hampir seluruh warga di sini sudah pakai gas bumi, atau tepatnya 95% tahun ini sudah pakai gas bumi. Gasnya semuanya dipasok sama PT Pertagas,” jelasnya.

Wiratmaja melanjutkan, kota kedua yang seluruh warganya menikmati Jargas adalah Tarakan dengan jumlah sekitar 21.000 sambungan.

“Di Tarakan tahun ini juga. Sekarang kan kita bangun 20.000-an di sana, tapi belum 100%. Tahun depan baru 100%, semua dananya dari APBN,” pungkasnya.

(ang/ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *